UKM Rumah Mode Kaina
SRI.COM-
Merintis usaha ternyata bisa dimulai kapan saja dan dengan modal yang
tak seberapa. Kalimat inilah yang meggambarkan kesuksesan Elmi (26)
sebagai pengusaha muda yang berhasil meraup omset jutaan per bulan dari
bisnis Rumah Mode batik yang Ia kembangkan secara online dan rumahan.
Memiliki
seorang ibu yang berasal dari Madura, ternyata memberikan keuntungan
tersendiri bagi Elmi. Wanita muda lulusan Universitas Indonesia ini bisa
mendapatkan bahan-bahan batik yang berasal dari Madura dengan harga
murah yang diperoleh dari pengrajinnya langsung.
Meskipun usianya masih sangat muda, Ia berani berkreasi dan berinovasi mengangkat ide sederhana menjadi ladang bisnis yang luar biasa.
Meskipun usianya masih sangat muda, Ia berani berkreasi dan berinovasi mengangkat ide sederhana menjadi ladang bisnis yang luar biasa.
Berbekal
10 potong bahan batik yang ia beli dari seorang pengrajin asal Madura,
pada tahun 2010 Elmi mencoba menawarkan dagangan batiknya kepada teman
temannya. Siapa sangka bila ide tersebut mendapatkan sambutan cukup
bagus dari teman-temannya itu. Elmi akhirnya mulai berani mengembangkan
usahanya di tempat tinggalnya Jl. Gadang No.28 Jakarta Utara, awal
mulanya Elmi hanya menjual dan menerima pesanan bahan-bahan batik Madura
saja.
Melihat respon cukup positif,
di awal bulan bulan Februari tahun 2012, Elmi kembali mulai
mengembangkan ide nya lebih pesat lagi. Ia memiliki ide untuk bekerja
sama dengan seorang designer untuk mendeisgn bahan bahan batiknya untuk
dijadikan pakaian. Elmi dan temannya memanfaatkan media sosial sebagai
ladang profesi. Ketika itu ia menggunakan Twitter untuk menjaring
konsumen seluas luasnya dan memberikan nama bisnisnya Rumah Mode Kaina.
Terbukti, pesanan mulai mengalir dan omzet pun meningkat.
Yakin
dengan potensi bisnisnya yang semakin luas, Elmi pun tak ragu lagi
untuk mengepakan sayapnya dengan membuka toko online dengan membuat
website berbayar. Menggunakan alamat rumahmodekaina.yukbisnis.com Elmi
mulai menawarkan beragam produk jenis batik Madura dan Solo, kemudian
ada juga tenun Lombok dan Bali kepada konsumen di penjuru nusantara.
Membidik
konsumen menengah ke bawah sebagai target utamanya,
rumahmodekaina.yukbisnis.com menawarkan beberapa produk unggulan seperti
kemeja batik laki laki dan perempuan, Jaket batik, Kaos batik, bolero
batik, rok batik, serta kain-kain batik dengan harga yang cukup
terjangkau. Tidak heran bila sedikitnya 1000-2000 kain batik dan pesanan
baju batik bisa terjual setiap bulannya.
Untuk
meyakinkan konsumennya, Elmi sengaja mencantumkan komunitasnya yang di
bina oleh PT. Pelabuhan Jakarta dan HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi
Indonesia) di toko online yang Ia miliki. Hal ini sengaja dilakukan agar
para konsumen mengetahui secara detail bahwa bisnis rumah mode nya
bukan bisnis fiktif yang selama ini ditakuti para konsumen di dunia
maya.
“Ya semoga aja UKM online
dan rumahan ini bisa memberikan manfaat bagi para generasi muda untuk
bisa terjun ke dunia usaha seperti saya,” ujar Elmi saat ditemui di
kediamannya. (*)
(Berita dan Foto Oleh Rizska Hamalis, Jurnalis Mahasiswa FIKOM Jayabaya-Jakarta)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar