Selasa, 28 Mei 2013

Berita


UKM Rumah Mode Kaina

 
SRI.COM- Merintis usaha ternyata bisa dimulai kapan saja dan dengan modal yang tak seberapa. Kalimat inilah yang meggambarkan kesuksesan Elmi (26) sebagai pengusaha muda yang berhasil meraup omset jutaan per bulan dari bisnis Rumah Mode batik yang Ia kembangkan secara online dan rumahan.
Memiliki seorang ibu yang berasal dari Madura, ternyata memberikan keuntungan tersendiri bagi Elmi. Wanita muda lulusan Universitas Indonesia ini bisa mendapatkan bahan-bahan batik yang berasal dari Madura dengan harga murah yang diperoleh dari pengrajinnya langsung.
Meskipun usianya masih sangat muda, Ia berani berkreasi dan berinovasi mengangkat ide sederhana menjadi ladang bisnis yang luar biasa.
Berbekal 10 potong bahan batik yang ia beli dari seorang pengrajin asal Madura, pada tahun 2010 Elmi mencoba menawarkan dagangan batiknya kepada teman temannya. Siapa sangka bila ide tersebut mendapatkan sambutan cukup bagus dari teman-temannya itu. Elmi akhirnya mulai berani mengembangkan usahanya di tempat tinggalnya Jl. Gadang No.28 Jakarta Utara, awal mulanya Elmi hanya menjual dan menerima pesanan bahan-bahan batik Madura saja.
Melihat respon cukup positif, di awal bulan bulan Februari tahun 2012, Elmi kembali mulai mengembangkan ide nya lebih pesat lagi. Ia memiliki ide untuk bekerja sama dengan seorang designer untuk mendeisgn bahan bahan batiknya untuk dijadikan pakaian. Elmi dan temannya memanfaatkan media sosial sebagai ladang profesi. Ketika itu ia menggunakan Twitter untuk menjaring konsumen seluas luasnya dan memberikan nama bisnisnya Rumah Mode Kaina. Terbukti, pesanan mulai mengalir dan omzet pun meningkat.
Yakin dengan potensi bisnisnya yang semakin luas, Elmi pun tak ragu lagi untuk mengepakan  sayapnya dengan membuka toko online dengan membuat website berbayar. Menggunakan alamat rumahmodekaina.yukbisnis.com Elmi mulai menawarkan beragam produk jenis batik Madura dan Solo, kemudian ada juga tenun Lombok dan Bali kepada konsumen di penjuru nusantara.
Membidik konsumen menengah ke bawah sebagai target utamanya, rumahmodekaina.yukbisnis.com menawarkan beberapa produk unggulan seperti kemeja batik laki laki dan perempuan, Jaket batik, Kaos batik, bolero batik, rok batik, serta kain-kain batik dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak heran bila sedikitnya 1000-2000 kain batik dan pesanan baju batik bisa terjual setiap bulannya.
Untuk meyakinkan konsumennya, Elmi sengaja mencantumkan komunitasnya yang di bina oleh PT. Pelabuhan Jakarta dan HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) di toko online yang Ia miliki. Hal ini sengaja dilakukan agar para konsumen mengetahui secara detail bahwa bisnis rumah mode nya bukan bisnis fiktif yang selama ini ditakuti para konsumen di dunia maya.
 
“Ya semoga aja UKM online dan rumahan ini bisa memberikan manfaat bagi para generasi muda untuk bisa terjun ke dunia usaha seperti saya,” ujar Elmi saat ditemui di kediamannya. (*)
(Berita dan Foto Oleh Rizska Hamalis, Jurnalis Mahasiswa FIKOM Jayabaya-Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar